tes standar dan tes buatan
DAFTAR ISI
بسم الله الرّحمن الرّحيم
ASSALAMUALAIKUM.wr.wb.
. . .
Alhmdulillah
segala puji hanya miik allah.swt.yang telah memberikan kepada kita
semua,bermacam-macam kenikmatan ,baik kenikmatan rohaniyah dan jasadiyah dan
yang terpenting adalah kenikmatan iman dan islam.
Semoga
allah.swt.senantiasa memberikan hidayah-NYA kepada kita semua.
Sholawat dan
salam semoga tercurah kepada rosulullah .saw.atas jasa beliau dengan izin
allah.swt.telah mengubah peradaban yang jahil menuju ke peradaban yang maju
disegala bidangnya.
Pendidikan
merupakan ujung tombak dan juga barometer bagi agama islam dan juga seluruh
lapisan masyarakat di dunia ini ,dengan pendidikan masyarakat akan lebih
bermartabat di masayarakat lain dan bahkan dunia. Karena memang itu adalah
janji dan serifikat dari allah .swt. untuk kita manusia,seperti dalam
firmannya;يَرفَعِ اللهُ
الّذينَ امنوا منكُم والّذين اُوتُوا العِلمَ درَجَـتٍ
“allah akan
mengangkat (derajat)orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang
yang diberi ilmu beberap derajat”
Dalam makalah
ini kami akan membawakan makalah yang berjudul Tes standard dan tes
buatan guru dalam evaluasi pendidikan
Semoga apa yang
disampaikan dalam makalah ini ,bermanfaat untuk kita semua,dan kita semua
selalu mendapatkan hidayah dari allah.swt. Amin . . . .
Hormat kami
penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
a.Latar belakang
Dalam
pembahasan makalah ini ,marilah kita mengenal lebih jauh mengenai tes standard
dan tes buatan guru dalam evaluasi pendidikan.
Sebagai calon
pendidik,pemahaman dalam mengadakan evaluasi pendidikan sangat diperlukan
untuk melihat hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan. Salah satu bentuk
evaluasi tersebut adalah tes. Penggunaan tes dalam dunia pendidikan sudah
dikenal sejak dulu kala. Artinya tes mempunyai makna tersendiri dalam dunia
pendidikan. Tes adalah salah satu bentuk instrumen evaluasi untuk
mengukur seberapa besar kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai
pokok-pokok materi yang sudah diajarkan. Tes ada yang dibuat oleh seorang guru
yang kemudian disebut tes buatan guru dan ada tes yang sudah memenuhi standar
suatu satuan pendidikan maupun lembaga pendidikan yang kemudian disebut tes
terstandar.
Dalam menilai, baik tes
terstandar maupun tes buatan guru ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang
berkaitan dengan analisis hasil tes tersebut.
b.Rumusan Masalah
Adapun
permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah;
1.
Apa
pengertian tes standard?
2.
Apa
Pegertian tes buatan guru?
3.
Bagaimana kegunaan tes standar dan tes buatan
guru?
4.
Perbedaan tes standar dan tes buatan guru?
c.Tujuan penulisan makalah
Adapun tujuan
dari penulisan makalah ini adalah;
1.
Untuk
mengetahui apa itu tes standard
2.
Untuk
mengetahui apa itu tes buatan guru
3.
Untuk
mengetahui apa kegunaan tes standar dan tes buatan guru
4.
Untuk
mengetahui Perbedaan tes standar dan tes buatan guru
BAB II
PEMBAHASAN
a.Pengertian tes standard.
Tes berasal
dari bahasa latin testum yang berarti alat untuk mengukur tanah. Dalam bahasa Perancis Kuno, kata tes berarti ukuran yang dipergunakan untuk
membedakan antara emas dan perak serta logam lainnya.
Sedangkan Sumadi Suryabrata, mengartikan tes
adalah: “pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan atau perintah-perintah yang harus dijalankan, yang mendasarkan
harus bagaimana testee menjawab pertanyaan-pertanyaan atau melakukan
perintah-perintah itu, penyelidik mengambil kesimpulan dengan cara
membandingkan dengan standar atau testee lainnya”
Dari kedua pengertian di atas, diambil pengertian, tes adalah alat
pengukuran berupa pertanyaan, perintah, dan petunjuk yang ditujukan kepada
testee untuk mendapatkan respon sesuai dengan petunjuk itu. Atas
dasar respon tersebut ditentukan tinggi rendahnya skor dalam bentuk kuantitatif
selanjutnya dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan untuk ditarik
kesimpulan yang bersifat kualitatif.[1]
Adapun Pengertian tes standar secara sempit adalah tes yang disusun oleh satu tim ahli, atau disusun
oleh lembaga yang khusus menyelenggarakan tes secara professional. Tes tersebut diketahui memenuhi syarat sebagai tes
yang baik (memenuhi syarat validitas, realibilitas, dan
objektivitas). Tes ini dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama dan dapat diterapkan pada beberapa obyek mencakup wilayah yang luas. Disamping itu tes standar telah diklasifikasikan sesuai
dengan tingkat usia dan kelasnya. Tes standar
bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam tiga aspek, yaitu
kedudukan belajar, kemajuan belajar, dan diagnosik.[2]
Yang dituntut dalam tes standar bukan
standar prestasi peserta didik dari penguasaan materi yang diajarkan pada suatu
tingkat, lembaga pendidikan tertentu, melainkan adanya persamaan performance pada kelompok peserta didik atau lembaga pendidikan
disebabkan adanyaa kesamaan tolak ukur.
Oleh karena itu dalam tes standar, masalah keseragaman dan konsistensi skoring
penting untuk diperhatikan; sehingga tes tersebut dapat dipakai untuk
membandingkan prestasi peserta didik dari berbagai sekolah.[3]
b.pengertian tes buatan guru.
Tes buatan guru adalah tes yang
dibuat seorang guru untuk merumuskan bahan dan tujuan khusus untuk kelasnya
sendiri dan masih dalam ruang lingkup sekolah tempat dia mengajar. Tes ini
biasanya digunakan untuk tes ulangan harian, formatif, dan ulangan umum. Tes
buatan guru dimaksudkan untuk mengukur tingkat keberhasilan peserta didik dalam
mencapai kompetensi setelah berlangsungnya proses pembelajaran yang dikelola
oleh guru kelas yang bersangkutan. Oleh karena itu, guru harus membuat soal
secara logis dan rasional mengenai pokok-pokok materi apa saja yang patut untuk
ditanyakan.
Tes buatan guru cenderung difokuskan pada
tujuan pembelajaran untuk kelas tertentu. Kualitas tes dan keandalannya belum
menjamin keobjektifannya, sebab hanya di berikan kepada sekelompok peserta
didik atau kelas saja. Tes buatan guru juga bersifat sektoral dan tingkat
kesukaran itemnya tidak didasarkan pada karakteristik peserta didiknya[4]
Tes buatan guru bersifat temporer, artinya hanya berlaku pada saat tertentu
dan situasi tertentu pula. Pada kesempatan lain belum tentu tes tersebut dapat
digunakan lagi karena mungkin ada perubahan baik bentuk itemnya maupun
kapasitas peserta didiknya.[5]
Secara singkat dapat dikemukakan bahwa kegunaan tes buatan guru adalah:
a) Untuk menentukan seberapa baik siswa telah menguasai bahan pelajaran yang
diberikan dalam waktu tertentu.
b) Untuk menentukan apakah sesuatu tujuan telah tercapai.
c) Untuk memperoleh suatu nilai.
Bentuk tes buatan guru pun bermacam-macam. Ada tes yang sifatnya hafalan
semata, dan ada pula yang bersifat analitis. Seorang guru yang profesional
harus mampu menyusun soal yang berimbang antara dua sifat tersebut. Hal ini
untuk mengetahui kemampuan peserta didiknya, siapa yang mempunyai kemampuan
yang tinggi dalam mengingatatau menghafal sesuatu dan siswa yang mempunyai daya
pikir kritis, analitis, luas, dan asosiatif.
c.kegunaan tes standar dan tes buatan guru.
1.
Membandingkan prestasi belajar dengan pembawaan individu atau kelompok
2.
Membandingkan tingkat prestasi siswa dalam keterampilan diberbagai bidang studi
untuk individu atau kelompok
3.
Membandingkan prestasi siswa antar berbagai sekolah atau kelas
4.
Mempelajari perkembangan siswa dalam suatu periode waktu tertentu
1.
Untuk menentukan seberapa baik siswa telah menguasai bahan pelajaran yang
diberikan dalam waktu tertentu
2.
Untuk menentukan apakah tujuan sudah dicapai
3.
Untuk memperoleh suatu tes
Selanjutnya
baik tes standar dan tes buatan guru berguna untuk;
1.
Mengadakan diagnosis terhadap ketidak mampuan siswa
2.
Menentukan tempat siswa dalam suatu kelas atau kelompok
3.
Memberikan bimbingan kepada siswa dalam pendidikan dan pemilihan jurusan
4.
Memilih siswa untuk program- program kusus
Selanjutnya baik tes standar dan tes buatan guru dianjurkan dipakai jika
hasilnya akan digunakan untuk :
1)
Mengadakan diagnosis terhadap ketidakmampuan siswa.
2)
Menentukan tempat siswa dalam suatu kelas atau kelompok.
3)
Memberikan bimbingan kepada siswa dalam pendidikan dan pemilihan jurusan.
4)
Memilih siswa untuk program-program khusus.
Dari uraian diatas tampak bahwa baik tes standar maupun tes buatan guru
masing-masing mempunyai kegunaan sendiri. Dua macam evaluasi ini saling mengisi
dan saling melengkapi.
c.perbedaan tes standard dan tes buatan guru.
Tes Standar
|
Tes Buatan Guru
|
·
Didasarkan
atas bahan dan tujuan umum dari sekolah-sekolah di seluruh Negara.
·
Mencakup
aspek yang luas dan pengetahuan atau keterampilan dengan hanya sedikit butir
tes untuk setiap keterampilan atau topik.
·
Disusun
dengan kelengkapan staf profesor, pembahas, dan editor butir tes.
·
Menggunakan
butir tes yang sudah diujicobakan (try out), dianalisis dan direvisi
sebelum menjadi sebuah tes.
·
Mempunyai
reliabilitas yang tinggi.
·
Dimungkinkan
menggunakan norma untuk seluruh Negara.
|
·
Didasarkan
atas bahan dan tujuan khusus yang dirumuskan oleh guru untuk kelasnya
sendiri.
·
Dapat terjadi
hanya mencakup pengetahuan atau keterampilan yang sempit.
·
Biasanya
disusun sendiri oleh guru dengan sedikit atau tanpa bantuan orang lain/tenaga
ahli.
·
Jarang
menggunakan butir tes yang sudah diujicobakan, dianalisis dan direvisi.
·
Mempunyai
reliabilitas sedang atau rendah.
|
Adapun perbedaan antara tes standard
dan tes buatan guru adalah sebagai berikut :
BAB IV
Penutup
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa
Pengertian
tes standar secara sempit adalah tes yang disusun oleh
satu tim ahli, atau disusun oleh lembaga yang khusus menyelenggarakan secara
professional. Sedangkan kegunaan tes standar secara garis besar yaitu:
membandingkan prestasi belajar dengan pembawaan individu atau kelompok,
membandingkan tingkat prestasi siswa dalam keterampilan di berbagai bidang
studi untuk individu atau kelompok, membandingkan prestasi siswa antara
berbagai sekolah atau kelas, dan mempelajari perkembangan siswa dalam suatu
periode waktu tertentu.
Kelengkapan tes
standar biasanya dilengkapi dengan sebuah manual yang memuat tentang: ciri-ciri
mengenai tes, tujuan serta keuntungan-keuntungan dari tes, proses standardisasi
tes, petunjuk-petunjuk tentang cara melaksanakan tes, petunjuk-petunjuk tentang
bagaimana cara menskor, petunjuk-petunjuk untuk menginterpretasikan hasil,
saran-saran lain.
Perbandingan
antara tes standar dengan tes buatan guru, tes standar ini disusun dalam
tipe-tipe soal yang sama dan meliputi bahan atau pengetahuan yang sama banyak
dengan bahan atau pengetahuan yang dicakup oleh tes buatan guru. Sedangkan
perbedaannya diantaranya didasarkan atas bahan dan tujuan, serta
reliabilitasnya.
Saran
Demikianlah tugas penyusunan makalah kami
persembahkan,harapan kami dengan adanya makalah ini bisa menjadikan kita lebih
menyadari bahwa agama islam mempunyai khazanah keilmuan yang sangat dalam untuk
mengembangkan potensi yang ada di dalam diri kita,dn juga alam ini yang
merupakan langkah awal untuk membuka cakrawala keilmuan kita,agar kita menjadi
muslim yang bijaksana dan intelektual,serta dengan harapan dapat bermanfaat dan
bisa di fahami oleh pembaca.
Sekian dari kami jika ada kesalahan dalam penulisan itu
semua karena kekhilafan kami yang sebagai manusia biasa dan kami mohon maaf
yang sebesar-besarnya.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: Remaja
Rosdakarya)
2.
Chabib Thoha,. Teknik Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada, 2001)
3.
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan, (Jakarta : Bumi Aksara, 2009)
Komentar
Posting Komentar